Do Believe in GOD Forever

4 Des 2014

MIDDLEWARE TELEMATIKA

PENGERTIAN MIDDLEWARE

 Middleware adalah software penghubung yang berisi sekumpulan layanan yangmemungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau lebih mesin untuk salingberinteraksi pada suatu jaringan. Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasimainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yangberbeda.Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware merupakan istilah umumdalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupununtuk meningkatkan fungsi dari dua buah program/aplikasi yang telah ada. Perangkat lunak middleware merupakan perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistem operasi.

FUNGSI MIDDLEWAREFungsi-fungsi dari middleware adalah sebagai berikut :

1.   Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikanpenggunaan  secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .

2.   Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakupberbagai komputer  dan sistem operasi.

3.   Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, sepertidalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.


CONTOH MIDDLEWARE
Berikut ini merupakan contoh-contoh perangkat lunak dari middleware :

1.  Java’s: Remote Procedure Call

2.  Object Management Group’s: Common Object Request Broker  Architecture (CORBA)

3.  Microsoft’s COM/DCOM (Component Object Model) : Also .NET    Remoting4.   ActiveX controls (in-process COM components).

TUJUAN
1.    Middleware adalah S/W penghubung yang berisi sekumpulan layanan     yang memungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau       lebih mesin untuk saling berinteraksi pada suatu jaringan.

2.    Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi  mainframe ke aplikasi     client/server dan juga  untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda

3.   Middleware yang paling banyak dipublikasikan

4.   Open Software Foundation’s Distributed Computing Environment

5.   Object Management Group’s Common Object Request Broker

6.     Architecture (CORBA), Microsoft’s COM/DCOM (Component
  Object Model)

https://www.scribd.com/doc/41664273/Middleware-Pengantar-Telematika
http://sultanifajar.blogspot.com/2012/10/1.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar