Do Believe in GOD Forever

20 Mar 2013

STRUKTUR PASAR

Teori Organisasi Umum 2

Makalah “Struktur Pasar”
Disusun oleh :

        - ARIEF FIKRIANDA                           11111098
        - DENNY YUSUF                                   11111862
        - ELVA ZURIATI                                   12111420
        - KEZIA AYU IRIANTA                       13111946
        - MUHAMMAD SEPTIANDI              14111977
        - PRAMESWARI HANDAYANI          15111550
        - RISKY APRIANSYAH                       16111278
        - TUNGGUL SATRIO JATI                 17111199
                                           2KA19
 

Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah dari mata kuliah Teori Organisasi Umum 2.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat kemampuan yang dimilki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dapat menyelesaikan makalah ini, semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini baik itu berupa bantuan moril maupun materil.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan. Dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, aamiin Yaa Robbal’alamiin.
                                                                                        Depok, 19 Maret 2013
                                                                                                     Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar.................................................................................................. i
Daftar isi........................................................................................................... ii
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang..................................................................................................1
Tujuan Penulisan................................................................................................2
Metode Penulisan..............................................................................................2
Ruang Lingkup..................................................................................................2
BAB 2
PEMBAHASAN
Pengertian Struktur Pasar................................................................................... 3
Pasar Persaingan Sempurna................................................................................3
Pasar Monopoli..................................................................................................3
Pasar Monopolistik.............................................................................................4
Pasar Oligopoli...................................................................................................4
Pasar Duopoli.....................................................................................................5
Studi Kasus........................................................................................................5
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan & Saran..........................................................................................6
Daftar Pustaka...................................................................................................7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Pasar merupakan salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a.       Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1.      Pasar tradisional 
2.      Pasar raya
3.      Pasar abstrak
4.      Pasar konkrit
5.      Toko swalayan
6.      Toko serba ada
b.      Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1.        Pasar ikan
2.        Pasar sayuran
3.        Pasar buah-buahan
4.        Pasar barang elektronik
5.        Pasar barang perhiasan
6.        Pasar bahan bangunan
7.        Bursa efek dan saham.
c.       Sedangkan menurut luas jangkauan, pasar dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1.      Pasar daerah
2.      Pasar lokal
3.      Pasar nasional
4.      Pasar internasional
Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
1.2  Tujuan
Adapun Tujuan Penulisan karya tulis ini adalah :
1.      Agar mahasiswa dapat mengetahui pengertian pasar
2.      Agar mahasiswa dapat mengetahui mengenai struktur-struktur pasar
3.      Agar Mahasiswa Melatih Menyusun Makalah dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, menganalisis data, dan kreatifitas mahasiswa
4.      Agar mahasiswa lebih mudah memahami mengenai struktur pasar secara terperinci.
5.      Memenuhi persyaratan penyelesaian tugas softskill Teori Organisasi Umum 2
1.3  Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini menggunakan metode pustaka dan metode searching melalui internet mengenai makalah yang kami buat.
1.4. Ruang Lingkup
Mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan yang penulis miliki maka ruang lingkup karya tulis ini terbatas pada pembahasan mengenai penganalisaan struktur pasar.
           
BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Struktur Pasar
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Struktur pasar dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu :
1.      Persaingan sempurna
Persaingan sempurna akan terjadi jika produsen-produsen secara individual di pasar tidak bisa mempengaruhi harga. Para produsen tersebut bertindak hanya sebagai penerima harga (price taker). Ketiadaan pengaruh terhadap harga tersebut memerlukan syarat-syarat sebagai berikut:
1.      Jumlah pembeli dan penjual banyak
Setiap perusahaan dalam suatu industri kecil hanya menghasilkan suatu bagian yang sangat kecil dibandingkan jumlah output industri secara keseluruhan dan setiap pembeli hanya membeli suatu bagian yang sangat kecil pula dari output total tersebut.
2.      Produk yang homogen
Output dari masing-masing perusahaan persis sama dengan output perusahaan-perusahaan lainnya dalam industri tersebut.
3.      Bebas keluar-masuk pasar
Perusahaan-perusahaan tidak dihambat untuk memasuki atau keluar dari industri tersebut.
4.      Penyebaran informasi yang sempurna
Informasi mengenai biaya, harga dan kualitas diketahui oleh semua pembeli dan penjual di pasar.
2.      Pasar Monopoli
Monopoli terjadi jika suatu perusahaan bertindak sebagai penjual tunggal dari suatu barang yang tidak mempunyai subtitut, dengan kata lain, perusahaan tunggal tersebut sekaligus pula sebagai industrinya.
Sifat-sifat pasar monopoli :
1.      Hanya terdapat satu penjual atau produsen
2.      Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
3.      Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
4.      Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang dan sumber daya yang sulit didapat
5.      Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
6.      Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses
3.      Persaingan Monopolistik
Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.
Sifat-sifat pasar monopolistik :
1.      Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
2.      Mirip dengan pasar persaingan sempurna
3.      Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
4.      Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
5.      Relatif mudah keluar masuk pasar.
4.      Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri.
Oligopoli dibagi lagi menjadi :
·         oligopoli terdiferensiasi (differentiated oligopoly) di mana produk tidak dibakukan (unstandardized), misalnya mobil
·         oligopoli tak terdiferensiasi (undifferentiated oligopoly) di mana produk dibakukan, misalnya baja
5.      Pasar Duopoli
Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
STUDI KASUS
Pada era global sekarang ini banyak sekali para pesaing bisnis dari perusahaan-perusahaan tertentu yang siap untuk berkompetitor dengan perusahaan lain khususnya dalam bidang teknologi. Terkait dengan makalah yang berjudul Struktur Pasar, Studi kasus yang kami ambil terkait berita terkini yaitu tentang perkembangan teknologi pada Televisi (LED Tv). Dalam hal ini, yang dijadikan contoh adalah Persaingan Monopolistik. Dimana seperti yang kita ketahui Persaingan Monopolistik hampir sama dengan persaingan sempurna , tetapi sedikit dibedakan dengan persaingan sempurna karena dalam persaingan monopolistik ini konsumen mengetahui perbedaan-perbedaan di antara produk dari perusahaan-perusahaan yang berbeda. Seperti halnya dalam persaingan sempurna, maka dalam persaingan monopolistik ini laba di atas normal hanya bisa diperoleh dalam jangka pendek.
Contohnya dalam penjualan LED tv setiap perusahaan akan bersaing untuk memberikan product terbaik sesuai yang diharapkan konsumen, karena konsumen akan menilai product mana yang lebih sesuai dengan keinginannya dan mempertimbangkan kualitas dari barang yang akan mereka gunakan.
Tetapi perusahaan tidak selalu bisa mempertahankan nilai pemasukan dikarenakan para pesaing dari perusahaan lain selalu berusaha untuk memberikan product yang jauh lebih baik untuk mengalahkan product yang dibuat oleh kompetitor.
Jadi dalam persaingan monopolistik akan terleihat jelas persaingan-persaingan yang ada di pasar, contohnya pasar yang ada di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
Dari makalah yang kami buat ada point – point penting tentang Materi Struktur Pasar, yaitu :
1.      Struktur pasar  adalah Penggolongan berbagai jenis pasar berdasarkan strukturnya
2.      Struktur pasar  biasanya dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
·         Pasar persaingan sempurna adalah persaingan yg terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
·         Pasar persaingan tidak sempurna biasanya dibagi beberapa jenis, yaitu Pasar monopoli, Pasar oligopoly, Pasar monopolistic, Pasar oligopsoni, dan Pasar duopoly.
Saran :
Tentunya ada kekurangan terkait makalah kami, krena itu kami berharap banyak untuk para pembaca memberikan kritik dan saran yang membangun agar  sempurnanya makalah di kesempatan - kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi para pembaca, khususnya bagi pembaca yang membutuhkan ilmu dari makalah kami.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar