Do Believe in GOD Forever

2 Mei 2013

GEMBALA YANG BAIK

Pengertian 
 
Pengertian Gembala yang baik secara global
Gembala yang baik adalah Seorang pemimpin atau panutan bagi domba-domba , anak-anak , orang-orang yang ada di sekitarnya , dan harus menjadi contoh yang baik , bukan hanya mengajarkan tetapi mengarahkan kawanannya kejalan yang benar .
Gembala yang baik akan bertanggung jawab terhadap kepemimpinannya menjadi seorang  Gembala , bukan hanya dalam konteks kinerjanya yang bagus tetapi perbuatan juga .

Pengertian Gembala menurut  Alkitab
Pengertian Gembala dalam alkitab adalah ada pada Yohanes 10 :11-13
Pada ayat 11 “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya “ berarti Gembala adalah seorang yang merelakan sebagian hidupnya untuk domba-dombanya , bahkan bukan sebagian saja namun seluruh hidupnya
Juga ada pada Mazmur 23 : 1-6 , Gembala yang baik selalu memberikan yang terbaik bagi domba-dombanya , memberikan bimbingan dan arahan kemana domba-dombanya berjalan .
             

Gembala yang baik adalah Gembala yang selalu memimpin pasukan-pasukan dombanya , yang berdiri  di depan memberikan kemana arah dan tujuan domba-dombanya melangkah, dan memberikan arah jalan yang benar ,bukan malah sebaliknya berada di bagian paling belakang dan hanya mendorong kemudian mengejar domba-dombanya yang tidak tahu arah jalan .

   Begitu pula dengan Tuhan Yesus , dihadapan Tuhan kita manusia adalah domba-dombaNya , sebagai domba kita sangat amat membutuhkan Gembala yang baik .
            Domba adalah binatang yang lemah , tidak bisa membela diri , dan domba pun tidak dapat hidup tanpa penyertaan Gembalanya . Sama seperti kita manusia  yang lemah dan sangat penuh dengan kekurangan , maka kita pun sangat membutuhkan seorang Gembala yang baik untuk membimbing kita.

Tuhan Yesus adalah Gembala yang baik bagi kita , Ia memberikan nyawanya bagi domba-dombaNya . Yesus sudah menyerahkan nyawaNya karena Dia sangat mengasihi kita . lihat pada Yohanes 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini , sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal”  . Karena kasih Allah kepada dunia yang sekarang mengaruniakan Yesus bagi kita .

 Pada Markus 10 : 45  “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani , melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” Yesus memberi nyawaNya menjadi tebusan untuk manusia.

Ciri-ciri Gembala
Ciri-cirinya pada Yohanes 10 : 3-14
1.     Rela memberikan nyawannya bagi domba-dombanya
2.     Mengenal baik domba-dombanya
3.     Setia terhadap domba-dombanya
Ciri-ciri dalam mazmur 23 : 1- 6 adalah
1.     Menjamin kebutuhan dombanya
2.     Memberi makan
3.     Menuntun dijalan yang benar
4.     Memberikan kenyamanan dan perlindungan

Seorang Gembala yang baik harus memiliki kerendahan hati , dan melakukan semuanya dengan hati yang tulus dan tidak bersungut-sunngut.
Gembala tidak akan meninggalkan domba-dombanya berjalan sendirian. Sama seperti Yesus yang selalu menyertai kita , menolong kita , menghibur . Dia selalu ada untuk kita , dimanapun dan kapanpun kita membutuhkan pertolonganNya.
Sebagi domba kita sangat membutuhkan Tuhan Yesus dalam kehidupan kita , karena tanpa Tuhan kita tidak dapat berbuat apapun , dan jika kita dapat melakukan segala sesuatu itu karena pertolongan dari Tuhan.

Tugas Gembala 

Tugas Gembala yang menjaga , merawat , melindungi domba-dombanya
1.     Menjaga       : agar tidak tersesat jalannya
2.     Merawat      : Memelihara , memberi makan , atau memenuhi segala
kebutuhan domba-
dombanya , menyembuhkan jika sakit , dan menghibur ketika susah.
3.     Melindungi  : melindungi dari bahaya , dari binatang-binatang buas , atau juga menjaga dari sesuatu yang membahayakan domba-dombanya.

Gembala yang baik berarti Gembala yang mengenal baik  secara pribadi lepas pribadi domba-dombanya karena Gembala tersebut sudah merawat dan menjaga domba-dombanya sejak kecil, dan begitu juga dengan domba-dombanya, mereka pun juga mengenal baik siapa Gembalanya , jika Gembala yang mereka kenal baik  berarti Gembala itu telah melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang domba-dombanya harapkan .

Tanggung jawab  Gembala yang baik

-  Yesus berkorban bagi kita
-  Memberi makan (Mazmur 23:2-3)
Yesus bukan saja menyelamatkan kita dari dosa, tetapi Yesus juga
peduli dengan kebutuhan-kebutuhan sebab itu adalah tanggungjawab
seorang gembala.
Dalam contoh kehidupan sehari-hari ,mungkin bisa diambil dalam Gembala di Gereja , yaitu Pendeta yang menggembalai pelayanan di gerejanya .
Pendeta adalah sebagai gembala yang diutus Tuhan untuk menggembalakan jiwa-jiwa atau jemaat-jemaat yang berada dalam digerejanya .
Tuhan mempercayakan Pendeta sebagai Gembala tidak dengan sembarang memilih , Tuhan sudah melihat kapasitas dari potensi dari diri pendeta tersebut sebagai Gembala .
Seperti Jemaat yang telah Tuhan percayakan sama artinya domba-domba yang telah dipercayakan kepada seorang Gembala . Gembala yang baik dalam konteks adalah Pendeta yaitu seorang yang harus mengayomi jemaat-jemaatnya, memelihara secara kerohanian dan membimbing .
Gembala yang baik juga harus menjadi pendengar yang baik bagi domba-dombanya , segala keluh kesah dan permasalahan harus di dengarkan dengan baik dan tidak bersungut-sungut.
Tanggung jawab yang besar bagi Gembala atau pendeta adalah harus menjaga domba-dombanya atau jemaat-jemaat agar tidak terhanyut dalam dunia yang jahat , dan menjaga baik-baik domba atau jemaatnya . Juga harus bisa mempersatukan antara domba atau jemaat  yang satu dengan yang lainnya , supaya memiliki hati yang seia sekata .

                                      


God Bless Us More






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar