Do Believe in GOD Forever

4 Mei 2013

Resume kelompok 1 tentang Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran




Pengertian harga



Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang akan di peroleh.





Pengertian Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Didalam penawaran berarti juga ada permintaan tertulis jelas hukum permintaan adalah

“Semakin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta, Semakin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta.”



Begitu juga ada hukum penawaran

“Semakin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta, Semakin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta.”



Dengan berbagai jenis permintaan dan penawaran  dari beberapa pihak , menurut  saya , yang saya tangkap dari diskusi ada beberapa factor-faktor yang akan menimbulkan banyaknya permintaan  dan penawaran, yaitu

Yang pertama ada selerea dari para konsumen , kedua seberapa keuangannya , peminat , dan kapasitas permintaan .

1.      Selera , yang dimaksud disini adalah, apakah selera dari para konsumen untuk bebas memilih , dikarenakan sudah terlalu banyak produk-produk barang , makanan, atau pakaian dengan berbagai promosi yang kuat, sehingga terjadilah penawaran pada setiap perusahaan .

2.      Seberapa keuangan yang dimiliki oleh para konsumen , mungkin ada konsumen yang hanya memiliki budget yang minim untuk bisa memperoleh barang yang diinginkan , ada juga konsumen yang berani mengeluarkan budget yang cukup besar untuk bisa mencapai keinginannya . sehingga dari keduanya akan memilih barang atau produk yang sesuai  dengan keunangan yang dimiliki.

3.      Kapasitas permintaan , contohnya pada bulan desember , sudah pasti pada bulan tersebut banyak konsumen yang sedang mencari barang-barang untuk keperluan natal , dan kebutuhan tahun baru , berarti semakin banyak permintaan yang dilontarkan oleh para konsumen , sehingga penawaran antar produsen yang lainnya juga akan bersaing.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar